Wajah sepakbola Indonesia

Posted: December 25, 2007 in Olah raga
pssi.gif

Ditengah hancu leburnya prestasi Timnas Indonesia. lagi2 insan pencinta sepakbola tanah air harus gigit jari setalah Indonesia dipastikan tidak bisa mengirimkan wakilnya ke liga champion asia. ini kali kedua Indonesia tidak dapat mengirimkan wakilnya setelah pada tahun 2006 Arema dan persipura sebagau juara copa dan ligina tidak bisa mengikuti karena keteledoran pengurus yang terlambat mendaftarkan wakil2nya. dan sekarang dengan kasus yang berbeda yaitu karena panjangnya waktu kompetisi dimana pada saat drawing group penyishan liga champion asia Liga Djarum belum menyelasiakan putaran liganya. libur puasa dan persiapan timnas di piala asia dijadikan kambing hitam oleh pengurus yang mengakibatkan molornya jadwal liga djarum hingga sekarang belum memasuki babak 8 besar.

Sebenarnya masalah ini g perlu terjadi. Jika ada ketegasan serta kepastian jadwal dari otoritas sepak bola Indonesia yang menjadi penyelenggara. ini mungkin menjadi puncak kehancuran wajah sepak bola Indonesia. Otoritas sepak bola Indonesia (PSSI) sudah benar2 tidak punya malu sekarang ini. mereka seperti tidak mempunyai beban dan terus ngotot untuk mempertahankan ketua umumnya yang sudah bergelar narapidana. bagaimana sebuah organisasi besar yang memiliki penggemar terbesar di Indonesia dipimpin oleh narapidana?? Wajar jika hasilnya pun g jauh dari kegagalan. setelah euforia piala asia yang memberikan sedikit harapan bagi pecinta bola di negri ini praktis tidak ada hal yang membanggakan. sederet pil pahit harus ditelan mentah2, dimulai dari pra piala dunia dimana Indonesia hancur lebur di tangan syuria yang notabene adalah tim yang tingkatnya setara bahrain yang bisa kita kalahkan di piala asia. timnas Indonesia dihajar 1-4 di gelora bung karno dan 7-0 di syria. betul2 miris kita dengan hasil itu.

afc07ac100707indvbah014ma71.jpg

disaat didengung2kan superliga-superliga.yang KATANYA akan menjadi awal dan lahirnya industri sepak bola yang profesional di negri ini. ternyata klub2 kontestan blum siap untuk menjadi profesional. disaat pemerintah membatasi uang rakyat yang dipakai untuk mendanai tim sepakbola serentak klub2 di indonesia berteriak dan protes dengan kebijakan tersebut. seakan2 semua akan hancur jika tak dapat santunan dari pemerintah. padhal ini telah dan seharusnya dilakukan jika kita benar2 ingin membangun sebuah industri sepakbola profesional yang bisa dilirik oleh pihak swasta. para pengurus harus bisa kreatif jangan jadi anak kecil yang selalu minta disusui oleh ibunya. jika memang tidak bisa dan tak ada dana bubarkan klub atau merger dengan klub lain. dengan potensi penonton yang sangat besar sebenernya bisa menjadi modal bagi pengelola klub untuk menari pihak swasta untuk ikut terlibat tinggal bagaimana pengurus punya niat atau tidak.

rusuh-persebaya.jpg

disaat ketidakpastian keberlangsunga dari klub2 kontestan ligina kita kembali dapat pukulan telak. di kancah asia tenggara yang seharusnya dengan liga yang sudah berjalan ini kita sudah bisa menjadi raja di asia tenggara, kita malah tidak dapat lolos dari penyisihan grup kalah dari myanmar yang notabene tim kemaren sore. dimana hasil latihan diargentina? dimana target yang didengungkan PSSI?? dimana?? mau dibawa kemana semua ini?? kegagalan ini disebabkan kurangnya kesempatan bermain bagi para punggawa2 muda di setiapklub. para pemain muda hanya mnjadi pelengkap sebuah tim. dan hanya duduk dibangku cadangan. ini jelas berbeda dengan klub dari luar negri eropa khususnya. mereka berlomba2 untuk mencetak dan mencari pemain2 muda berbakat. sedangkan kita sibuk dengan pemain2 tua yang sudah tidak bisa diharapkan banyak. dengan kegagalan ini juga mengakibatkan ivan kolev pelatih timnas Indonesia pun di putus kontrak. sekali lagi kita selalu menginginkan hal yang instan. kita tidak pernah mau tau dengan adanya pembinaan. hitung saja sudah berapapelatih yang menangani timnas dalam kurun waktu 7 tahun kebelakan?? PSSI tidak punya program yang jelas untuk masing2 timnas. timnas hanya disiapkan jika ada even. jika tidak maka tidak ada timnas.padhal untuk membangun sebuah tim yang solid dan kuat tidak bisa 2-3 bulan tapi buth bertahun-tahun. kita lihat argentina pembinaan yang berkesinambungan dari tim usia muda hingga senior menghasilkan sebuah tim yang solid. seharusnya PSSI sudah mempunya program yang jelas untuk masing timnas dari U-14 sampai tim senior. jangan ada even baru ada timnas. kita harus bentuk dari awal, adakan ujicoba, asah mental bertanding para pemain, berkorban sedikit, ngurus sepak boal g bisa selalu ada di belakang meja. keluar liat dunia luar. kita sudah tertinggal jauh. jika jalan ditempat seprti ini kita g bakal kemana2 mungkin malah mundur. jadi saya harap semua insan bola bersatu khusunya PSSI buka hati nurani kalian. anda adalah orang2 yang punya tanggu jawab besar karena olahraga ini adalah olahraga yang memiliki peminat paling besar. tentunya tanggung jawab anda juga besar. kita rindu piala, kita rindu kejayaan. buktikan anda bisa jangan cuman bilang ia tapi lakukan apa yang seharusnya anda lakuakn.

Comments
  1. elhafidybrothers says:

    salam kenal
    maju terus kita suksesskan tim bola kita

  2. yuzz says:

    kalo qta ngadop playman luar truz generasi qta mau kemana? percuma donk lapngan bola di bangun truz toh orang qta yang jadi penonton………… !!!!!!!!

  3. Abrar says:

    Maju trs sepak bola qt dgn siaran2 d tv

  4. leo says:

    kita bisa bangga dengan perkembangan sepak bola indonesia, tapi lebih banyak disayangkan kurang profesionalnya manajemen dari team sepak bola sendiri, terlebih lagi sangat bobroknya sportifitas sporter kita.
    jika begini terus, kapan INDONESIA bisa juara DUNIA ?

    mimpi kaleee …..

  5. Garuda didada qw..
    garuda kebanggaan qw..
    qw yakin hari ini pasti menang..

    Maju terus INDONESIA!!!!!!!!!

  6. andi says:

    indonesia akan mencapai kejayaannya pada era alan martha,dkk.hidup timnas indonesian U-17

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s